Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Profil Petani Teladan Nasional dari DIY tahun 2016
Profil Teladan dan Prestasi
Oleh : Andi Bagus | 05-10-2016 |

Motto Sudiman Imam Suyuti “Gelem Obah Uripe Bungah” (apabila kita semangat dalam berusaha, maka hidup akan senantiasa menyenangkan dan sejahtera). Misinya mengupayakan semua kegiatan yang dilakukan bermafaat untuk orang lain dan selalu ingin mengembangkan inovasi teknologi untuk mengembangkan usaha.

Sebagai seorang petani padi sehat yang berhasil dari Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul Sudiman Imam Suyuti telah melakukan : 1) tanam padi tajarwo semula berusaha menanam tajarwo dari 1 ha sekarang sudah mengembang menjadi 4 Ha dan Alhamdulillah di kelompok taninya sudah mencapai 100% tanam tajarwo; 2) Perintis padi sehat sekarang sudah berkembang di berbagai kelompok tani di desa Pendowoharjo; 3) Produsen MOL bonggol pisang kepok sebagai molase untuk Bio Aktivator dalam pembuatan pupuk organik untuk penunjang padi sehat; 4) Pembuatan pestisida nabati; 5) Pendampingan petani padi sehat. Dampak kegiatan pendampingan petani padi Tegel (25x25 cm) produksi 72 Kw/Ha, Tajarwo (4:1) 96 Kw/Ha (naik 33%). Kenaikan pendapatan petani padi sehat/organik = 87 Kw/Ha Rp.43.500.000,-, padi konvensional 72 Kw/Ha Rp.28.800.000,-. 

Sudiman Imam Suyuti yang lahir pada tanggal 10 November 1959 di Bantul, Yogyakarta yang dikarunia 4 orang anak, mengelola usahapertanian dengan luas garapan 2,5 ha yang digunakan untuk usahatani padi sehat. Pola tanam padi-padi-palawija untuk budidaya padi yang diterapkan adalah budidaya padi sehat, untuk palawija (jagung dan keledai). Budidaya padi sehat merupakan cara bercocok tanam padi ramah lingkungan dengan mengurangi/tanpa menggunakan bahan-bahan kimia buatan seperti pestisida atau herbisida dan diganti dengan pestisida nabati atau agensi hayati. Penggunaan pupuk kimia juga dikurangi sebanyak mungkin dan diganti dengan kompos jerami atau pupuk organik. Untuk menjaga kualitas produk padi sehat,Sudiman Imam Suyuti membuat sumur-sumur untuk memenuhi kebutuhan air irigasi. Varietas yang dibudidayakan diantaranya mentik wangi, pandan wangi, sintanur, dan mapan.  Padi yang dihasilkan akan lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi, kualitas nasipun akan lebih enak dan pulen serta tidak cepat basi.

Untuk menunjang padi sehat Sudiman Imam Suyuti membuat pupuk organik yaitu MOL (Mikro Organisme Lokal) yang berasal dari Bonggol pisang kapok sebagai Bio Aktivator, dan juga membuat pupuk nabati yang berasal dari daun mimba, akar tuba, daun kecubung diambil bijinya, gadung yang manfaatkannya umbinya, kluwak adalah biji yang masih muda, tembakau yang diambil batang dan daunnya, cabe rawit buahnya yang masing-masingmempunyai manfaat tersendiri.Pupuk organiknya sudah dilakukan pengujian lab di Universitas Gajah Mada (UGM).

Untuk menambah pengetahuannya Sudiman Imam Suyutiaktif mengikuti program pelatihan, diantaranya yang pernah diikuti : 1) TOT Petani Pemandu SLPHT, 2) Sertifikasi Benih Tanaman Pangan; 3) Penyuluh swadaya; 4) Teknis tata Kelola Pompa Air; 5) Sekolah Lapang PHT padi; 6)Aplikasi penanggulangan hama dan penyakit pada cabai; 7) Magang pembuatan agensia hayati; 8) Basic Training PPL Mandiri; 9) Kewirausahaan; 10) Managemen Koperasi;11) SLPHT berkelanjutan (padi), 12. SL-Iklim, dll.

Inovasi dan penerapan teknologi diantaranya : 1) Teknik jajar legowo diterapkan seluas 217,4 Ha (85% dari areal potensial padi); 2) Padi sehat/organik diterapkan seluas 39,5 Ha; 3) MOL diterapkan petani se Desa Pendowoharjo; 4) Jamu kuat unggas diterapkan oleh peternak di Desa Pendowoharjo; 5) Pestisida nabati/agensi hayati diterapkan di kelompok tani se Desa Pendowoharjo. 

Untuk penghasilan tambahan di lahan pekarangan yang cukup luas juga ditanami pohon pisang (ambon, kepok, dan raja), pupuk organik, pestisida nabati, pembibitan pisang di polybek,dan olahan yaitu ayam goreng suyuti.Kemitraan usaha yang sudah dirintis: 1) Padi sehat dengan Green House Yogyakarta, Gapoktan Gemah Ripah, dan memasok beras sehat ke komplek perumahan di Desa Pendowoharjo; 2) Pupuk organik dengan Bumi Lestari Desa Pendowoharjo; 3) Ayam goreng dengan Wiyono Dusun Ngimbang.  

Menyebarluaskan pengetahuan dan pengalaman ini sangat erat kaitannya dengan peran aktifSudiman Imam Suyutiyang bergabung di Kelompok Tani Sedyo Mukti sebagai Sekretaris, di Gapoktan Gemah Ripah sebagai Pengawas PUAP, Anggota LPDM. Ilmu pengetahuan yang diperoleh dari mengikuti pelatihan, magang, kursus, lokakarya dan pertemuan-pertemuan selalu dibagikan kepada orang-orang di sekitarnya bahkan  ke luar Desa Pendowoharjo. Sudiman Imam Suyuti aktif juga sebagai Petani pemandu Desa Pendowoharjo, Pengurus GP3A Mardiko Kanan, Ketua ranting NU Pendowoharjo.

Upaya yang dilakukan ini tidak lain untuk mendorong tercapainya perekonomian masyarakat, meningkatkan derajat kehidupan para petani beserta keluarganya,meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan serta mendorong kegiatan pertanian ke arah budidaya tanaman sehat yang ramah lingkungan, dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya manusia dan potensi yang ada. Prinsip hidup Sudiman Imam Suyuti dalam menjalankan hidup yakni Apapun pekerjaan kita Baik Sebagai petani, diniatkan sebagai ibadah kepada Allah SWT. Ketika hendak melaksanakan tugas dalam pekerjaan, niat yang ditanamkan hendaknya ditujukan untuk beribadah kepada Allah SWT. Dengan bekerja, seorang muslim akan memperoleh dan menghasilkan nilai tambah materi sehingga kebutuhan terpenuhi.

Lainnya :
*
Gapoktan Berprestasi Tingkat DIY Tahun 2016
Profil Teladan dan Prestasi
Oleh : Admin | 03-10-2016 |
*
Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan Tingkat DIY Tahun 2016
Profil Teladan dan Prestasi
Oleh : Admin | 03-10-2016 |

Beranda Profil Teladan dan Prestasi