Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
KOPERASI PETERNAK MARGODADI, NGLIPAR, GUNUNG KIDUL BERHASIL PERAIH PENGHARGAAN TINGKAT NASIONAL TAHUN 2017 KATEGORI KELEMBAGAAN EKONOMI PETANI BERPRESTASI
Profil Teladan dan Prestasi
Oleh : Andi Bagus | 11-09-2017 |

Untuk memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja sumber daya manusia pertanian sebagai pelaku utama yang mempunyai potensi untuk mengembangkan usaha tani yang produktif, efisien dan menguntungkan, perlu apresiasi melalui kegiatan Pemberian Penghargaan bagi Para Teladan Nasional merupakan salah satu bentuk apresiasi dari Pemerintah terhadap mereka agar termotivasi dan terus meningkatkan kinerjanya. Tahun 2017 ini Kementerian Pertanian memberikan Penghargaan Tingkat Nasional bagi : (1) Penyuluh Pertanian Teladan, (2) Petani Berprestasi, (3) Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Berprestasi, (4) Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Berprestasi, (5) Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi. Setelah melalui Penilaian berjenjang mulai dari Penilaian Tingkat Kabupaten, Penilaian Tingkat Provinsi dan Penilaian tingkat Pusat oleh Kementerian Pertanian RI akhirnya terpilih Koperasi Peternak Margodadi dari Nglipar, Gunung Kidul sebagai Penerima Penghargaan Nasional kategori Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian RI No. 482/Kpts/KP.590/8/2017 tanggal 14 Agustus 2017 sehingga berhak menerima Piagam Penghargaan dan Dana Pembinaan dari Menteri Pertanian RI serta mendapat kesempatan mengikuti rangkaian Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di Jakarta yang meliputi kegiatan; Menghadiri Rapat Paripurna DPR RI, DPD RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI, Mengikuti Renungan Suci di Taman Pahlawan Kalibata, Mengikuti Upacara Peringkatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara, dan Silaturahmi Presiden dengan Para Teladan Nasional. Adanya kegiatan  Pemberian penghargaan kepada pelaku pembangunan pertanian telah menjadi pola pembinaan yang berkelanjutan sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi pelaku pembangunan pertanian berprestasi.

Koperasi Tani ternak Margodadi berada diwilayah Desa Nglipar, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, yang terletak di bagian utara wilayah kabupaten gunungkidul atau zone Batur Agung. Dusun Ngliparkidul adalah salah satu dusun di Desa Nglipar yang terdiri dari 6(enam) Dusun dengan Luas wilayah :  2(dua) kilo meter persegi  Jumlah KK        : 211 Kepala Keluarga Jumlah jiwa : 683 jiwa. Koperasi Tani Ternak Margodadi merupakan PENGEJAWANTAHAN dari Kelompok Tani ternak Satodadi yang telah berdiri sejak tahun 1984. Pada tanggal 2 Desember 2014 kelompok tani ternak satodadi telah resmi menjadi koperasi peternak dengan nama : KSU Margodadi dengan badan hukum  no. 09/518/BH/XV.2/I/XI/2014. Kegiatan usaha dari Koperasi Margodadi antara lain ; Kegiatan yandu ternak,  Penyediaan pakan, tebon, jerami/damen, Penyediaan obat-obatan ternak dan pertanian, Jual beli ternak, Simpan pinjam, Penggilingan padi, Persewaan tenda kursi alat prasmanan,  Persewaan/ pelayanan hand tractor/Alsintan, Persewaan sound system, Budidaya Bawang Merah. Saat ini dengan modal dari Penyisihan SHU dan swadaya anggota Koperasi Margodadi telah berhasil membangun gedung Koperasi Margodadi yang akan memberikan pelayanan yang optimal kepada anggota dan petani pada umumnya. 

Lainnya :
*
Profil Petani Teladan Nasional dari DIY tahun 2016
Profil Teladan dan Prestasi
Oleh : Andi Bagus | 05-10-2016 |
*
Gapoktan Berprestasi Tingkat DIY Tahun 2016
Profil Teladan dan Prestasi
Oleh : Admin | 03-10-2016 |
*
Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan Tingkat DIY Tahun 2016
Profil Teladan dan Prestasi
Oleh : Admin | 03-10-2016 |

Beranda Profil Teladan dan Prestasi